Posts Subscribe to This BlogComments

Follow Us

Senin, 15 Agustus 2011

Trojan Android Mampu Rekam Panggilan Telepon

CALIFORNIA - Masalah Android dengan malware nampaknya masih belum sepenuhnya teratasi. Sebab perusahaan keamanan mengklaim telah mengindetifikasi trojan baru di Android yang mempunyai kemampuan merekam pembicaraan di ponsel.

"Ketika pengguna secara tidak sadar menginstall jenis malware ini di device mereka, trojan akan langsung mengambil alih informasi kunci di ponselnya. Mereka melakukannya dengan meremote dari jauh," tulis salah satu analis Dines Venkastesan, seperti dilansir TG Daily, Rabu (3/8/2011).

"Tidak hanya mencuri informasi, trojan ini mampu merekam percakapan pengguna Android. Trojan ini merekam panggilan yang disebut shangzhou/callrecors, yang ditaruh di SDCard," katanya lagi.

Setelah menaruh di SDCard, peretas dengan menggunakan trojan akan mengirim hasil file rekaman ke remote server. Semua aksi tersebut dilakukan tanpa disadari oleh pengguna ponsel berbasis sistem operasi Google itu.

Namun belum diketahui aplikasi apa saja yang dideteksi mendompleng trojan jenis tersebut. Hingga saat ini belum ada tanggapan dari pihak Google, yang biasanya langsung bereaksi cepat.

Sebelumnya, lebih dari 800 aplikasi Android mengandung malware yang bisa membocorkan data pribadi para penggunanya.

Hal itu diungkapkan firma keamanan Dasient yang meneliti sekira 10 ribu aplikasi untuk ponsel Android. Mereka menemukan bahwa lebih dari 8 persen aplikasi itu mentransmisikan data penggunanya ke komputer lain.

Malware ini didesain untuk mengambil alih kendali smartphone. Contohnya, 11 dari aplikasi yang mengandung malware diketahui mengirim SMS secara otomatis ke seluruh kontak pada ponsel layaknya spam email yang mengambil alih sebuah akun

2 komentar:

Pengikut

 

Fan Page

Label