NEW YORK - Firma riset IT Forrester punya saran khusus untuk para kompetitor Apple di pasar tablet, yaitu dengan memangkas harga secara signifikan.
Cara ini diharapkan bisa membantu vendor mengimbangi dominasi iPad yang saat ini dibanderol mulai dari USD500. Demikian seperti disitat Reuters, Rabu (10/8/2011).
Selain itu, analis Forrester Sarah Rotman Epps jugamenyarankan vendor-vendor seperti Samsung, Toshiba, Acer hingga Research in Motion untuk membidik pasar Eropa, di mana kehadiran Apple tidaklah sebesar di Amerika Serikat.
Sebagai gambaran, Apple hanya memiliki 52 toko di seluruh Eropa, sangat sedikit jika dibandingkan total 238 toko di AS.
“Masih ada peluang bagi kompetitor iPad. Bersaing dengan Apple mengharuskan anda menggunakan pendekatan berbeda dari apa yang telah kami lihat sejauh ini,” ujar Sarah.
Sarah menambahkan bahwa konten lokal dan toko ritel yang berkualitas serta harga lebih rendah akan menjadi kunci penting untuk menyaingi Apple. “Para pesaing Apple harus mampu menggabungkan konten, harga serta strategi pemasaran yang tepat. Belum ada yang bisa menawaArkan ketiga hal itu,” cetusnya.
Hingga kini Apple masih menguasai pasar tablet secara dominan setelah meluncurkan iPad sekira 1,5 tahun lalu. Saat ini penjualan iPad milik Apple nyaris mencatat angka 30 juta. Angka itu bahkan diperkirakan bakal naik hingga 48 juta unit di tahun ini.
Selain itu, Sarah juga mengklaim bahwa tablet generasi baru dengan layar 10 inci seperti Galaxy Tab (Samsung) dan Iconia Tab (Acer) memiliki peluang lebih baik untuk mengimbangi dominasi Apple. Namun mereka pun masih kesulitan bersaing dalam hal strategi penjualan.
Sumber : www.okezone.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar